Sosialisasi Pengenalan Aplikasi Digital Pelayanan Akademik Universitas Medan Area

15
Sep
2023
Category Kampus
Posted By Admin

Selasa, 12 September 2023,  Universitas Medan Area pada kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru ( PKKMB )  2023 telah mengambil langkah proaktif dalam memaksimalkan pengalaman mahasiswa baru. Salah satu inisiatif terbaru adalah sosialisasi yang dilakukan oleh Tim Pusat Data Aplikasi dan Informasi tentang Pengenalan Aplikasi Digital Pelayanan Akademik UMA. 


Kegiatan ini dihadiri oleh dosen, staf administrasi, dan mahasiswa baru yang bertujuan untuk memperkenalkan 4 sistem inovatif yaitu :

  1. 1. AOC (Academic Online Campus)
  2. 2. SAIS (Smart Academic Information System) 
  3. 3. E-Learning.
  4. 4. E-Mail UMA

Dengan antusiasme yang tinggi, PDAI (Pusat Data Aplikasi dan Informasi) memandu kegiatan pengenalan tersebut dengan tim yang diisi oleh : 

  1. 1. Heri Tri Wibowo S.Kom pemateri pada Fakultas Psikologi
  2. 2. Imam Wasmawi, S.Kom dan Alwi Ridho Alfisyahri, ST pemateri pada Fakultas Teknik
  3. 3. Tri Buana, S.Kom dan M. Rizky Azis Azhari S.Kom pemateri pada Fakultas ISIPOL dan Fakultas Hukum
  4. 4. Azizi Mukmin Aulia, S.Kom dan M. Arief Rahmadsah Siregar, S.M pemateri pada Fakultas Pertanian dan Fakultas Agama Islam
  5. 5. Andry Ismail Sitepu, S.Kom dan Asep Arif Hermawan S.Kom pemateri pada Fakultas Sains dan Teknologi.
  6. 6. Saiful Azhar, S.Kom pemateri pada Fakultas Ekonomi


Salah satu poin sorot dalam acara ini adalah pemaparan mengenai AOC (Academic Online Campus). Sistem ini merupakan portal bagi mahasiswa yang merangkul informasi tentang data perkuliahan seperti Kartu Rencana Studi , Mata Kuliah dan Kartu Hasil Studi Mahasiswa. Dengan AOC, mobilitas dan fleksibilitas menjadi pilar penting dalam pendidikan tinggi modern. 

Meningkatkan Efisiensi Administrasi dengan SAIS (Smart Academic Information System). Di samping pendidikan, Universitas Medan Area juga memperkenalkan SAIS atau Smart Academic Information System. SAIS adalah solusi revolusioner yang bertujuan untuk mempermudah proses administrasi akademik. Dari Absensi Kuliah, pengelolaan jadwal kuliah, Chat Dosen PA, Tiket Aduan hingga informasi terkait SPP Kuliah, SAIS menyajikan informasi dengan tata letak yang intuitif dan dapat diakses oleh mahasiswa. Ini meminimalkan hambatan administratif dan memberikan ruang lebih banyak bagi pengembangan kurikulum yang inovatif dan menarik.